Cari Blog Ini

Solusi Membeli Rumah


Kapankah waktu yang tepat untuk membeli rumah? Berikut adalah artikel mengenai solusi membeli rumah.

Memiliki rumah sendiri merupakan sebuah impian sekaligus kebutuhan primer untuk seseorang atau keluarga yang mandiri. Jika saat ini anda sudah memiliki uang yang cukup untuk membeli rumah sebenarnya tidak ada alasan untuk menundanya. Sebab rumah merupakan barang kebutuhan utama bagi siapa pun. Dengan demikian, lebih baik melangkah sekarang dengan persiapan yang cukup jika memang memiliki dana yang cukup sebaiknya ditunda terlebih dahulu sambil mempersiapkan keuangan anda.

Jika anda hendak membeli rumah saat ini, disarankan memilih rumah yang berada di lingkungan yang baik, bebas banjir, bebas tanah longsor, dan jauh dari daerah rawan lain. Anda mungkin masih mempertimbangkan turunya harag rumah, tetapi jal ini akan sangat dan memakan waktu lama sebab seperti yang kita ketahui harga rumah tidak menurun.

Apa yang perlu diperhatikan?
Hal pertama yang harus anda perhatika adalah mulai memusatkan perhatian dengan yang anda inginkan dari sebuah rumah yang akan anda beli. Anda dapat mulai dengan menyusun prioritas dalam hal berikut.

Lokasi
Apakah anda membeli rumah dekat dengan tempat anda bekerja, dekat dengan rumah orang tua/mertua, atau dekat dengan sekolah anak? Dan yang perlu dipertimbangkan lagi pusat perbelanjaan, sarana transportasi berikut sarana kesehatan, askes jalan tol, serta rencana pengembangan kota. Ada banyak hal lain harus anda pertimbangkan sebelum memilih lingkungan tempat tinggal anda.

Selera pribadi
Mengenai besar-kecilnya rumah, luas tanah dan bangunan, jumlah kamar tidur, gaya arsitektur, serta arah rumah yang anda inginkan.

Anggaran Dana
Berapa haraga rumah yang tepat untuk anda? Dalam mempertimbangkan hal ketiga ini, sebaiknya anda sebelum melakukan riset kecil, seperti membaca majalah dan surat kabar untuk mempelajari harga pasaran rumah saat ini. Berbicaralah dengan teman-teman atau keluarga mengenai rumah yang anda inginkan atau anda dapat menghubungi agen properti semakin luas pengetahuan anda mengenai rumah yang akan dibeli, keputusan anda untuk membeli rumah semakin lebih baik.

Pada saat meninjau rumah yang anda minati, perhatikan benar-benar pertimbangan pentiang berikut ini : 
  • Apakah rumah tersebut cukup besar untuk keluarga anda saat ini dan pada masa yang kan datang ?
  • Apakah letak rumah itu cocok untuk keluarga anda ?
  • Apakah ada tempat untuk menyimapan barang-barang anda ?
  • Apakah garasi mobil mencukupi untuk jumlah kendaraan anda ?
  • Apakah pada saat menempati rumah nanti memerlukan renovasi besar aatau tidak ?
  • Apakah luas halaman cocok dengan yang anda inginkan ?
  • Apakah jumlah kamar mabdi cukup bagi anggota keluarga ?
  • Perawatn atau penambahan dekorasi apa yang harus dilakukan segera ?
  • Apakah ada dinding atau lantai yang retak atau pecah ?
  • Apakah ada atap yang bocor ?
  • Apakah pintu rumah atau kusen rumah masih bagus atau tidak ?
  • Apakah air bersih berupa air tanah atau air PAM ?

Bagaimana sistem pembayaran dalam pembelian rumah melalui agen properti?
Jika anda merasa sudah cocok dengan harga, kondisi, dan situasi rumah yang akan anda beli biasanya agen properti menjelaskan prosedur pembelian rumah sebagai berikut:
  • Booking fee biasanya besarnya 1% dari harga rumah tersebut. Booking fee dimaksudkan memghentikan sementara pemasaran rumah kapada pembeli lain. Pembayaran booking fee biasanya langsung ke nomor rekening kantor agen properti, bukan rekening pribadi agen properti. Setelah melakukan booking fee agen properti anda akan memberikan surat keterangan atau kwitansi. Selanjutnya dilakukan pembayaran down payment (DP)
  • Pada saat pembayaran DP biasanya besar uang yang dikeluarkan 10% dari nilai transaksi. Saat pembayaran DP antara penjual dan pembeli dipertemukan untuk melakukan pengikatan jual-beli antara pemilik dan pembeli. Perjanjian pengikatan jual-beli ini dilakukan dikantor agen properti. Saat itu juga dibahas cara pelunasan secara KPR atau uang tunai dan waktu transaksi di hadapan notaris/PPAT. DP pembelian secara KPR bisa mencapai 20% dari nilai transaksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...